Bupati Aunur Rafiq mencukur rambut seorang balita dalam prosesi Syariful Anam di kediaman dinas bupati, tadi pagi. (ian)
Bupati Aunur Rafiq mencukur rambut seorang balita dalam prosesi Syariful Anam di kediaman dinas bupati, tadi pagi. (ian)

Karimun, Lendoot.com – Sebanyak 150 anak mengikuti cukur rambut massal dalam prosesi Syariful Anam dalam rangka memperingati Maulid Nabi SAW. Acara yang digelar di halaman rumah dinas Bupati Karimun ini anak-anak dari empat Kecamatan di Pulau Karimun, Rabu (28/12/2016).

Bupati Karimun, Aunur Rafiq mengatakan, Syariful Anam merupakan tradisi Melayu yang membudaya di Kabupaten Karimun. Selain itu kegiatan ini juga sebagai ucapan syukur kepada Allah SWT. Kegiatan ini juga merupakan wadah bersilaturahmi antarmasyarakat dalam membangun Karimun.

“Syariful Anam ini untuk melestarikan budaya Melayu yang turun menurun dan juga sebagai momentum untuk memperkenalkan tradisi Melayu kepada wisatawan mancanegara,” kata Rafiq.

Rafiq menambahkan, ke depannya Kabupaten Karimun akan menjadikan kegiatan ini sebagai kegiatan rutin. Selain itu pemkab juga akan melaksanakan sunat massal.

“Melihat antusiasnya masyarakat, prosesi Syariful Anam ini akan menjadi kegiatan rutin Pemkab Karimun dan akan kita laksanakan juga kegiatan sunat massal untuk Tahun selanjutnya,” ujar Rafiq.

Rafiq menuturkan bahwa, prosesi cukur rambut ini merupakan sunnah yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW. Tujuannya agar anak-anak ini kelak dapat menjadi penerus generasi bangsa dan menjadi anak yang soleh dan soleha. (ian)