Salah satu pengurus parpol calon peserta pemilu 2019 menyerahkan berkas ke KPU Karimun
Salah satu pengurus parpol calon peserta pemilu 2019 menyerahkan berkas ke KPU Karimun (Ist)

Karimun, Lendoot.com – Dari 17 partai politik, sebanyak 14 partai Politik calon peserta Pemilihan umum tahun 2019 telah selesai melakukan pendaftaran administrasi.

Hasil tersebut didapat setelah Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Karimun menyampaikan hasil penelitian Administrasi keanggotaan Partai Politik yang dilaksanakan di kantor KPU Karimun, Kamis, (16/11/2017)

Ketua KPU, Ahmad Sulton mengatakan, dari hasil penelitian administrasi parpol calon peserta pemilu 2019 ada beberapa berkas yang sudah ditelaah oleh KPU. Hasilnya ada beberapa parpol yang memenuhi syarat dan juga yang tidak memenuhi.

“Yang menyerahkan berkas ada 17 parpol dan hanya 14 parpol yang memenuhi syarat, 3 partai belum kita verifikasi karena ada syarat yang tidak memenuhi, walaupun sudah ada putusan Bawaslu yang memerintahkan untuk mengakomodir namun belum dapat kita lakukan karena belum ada petunjuk dari KPU pusat,” kata Ahmad Sulton.

Namun meski begitu, Sulton menyampaikan bahwa bagi ke 3 parpol yang belum diverifikasi masih memiliki batas waktu untuk melengkapinya terhitung sejak 18 November hingga 1 Desember 2017 mendatang.

“Berkas yang kita pulangkan itu harus mereka perbaiki dan batas akhir untuk mengembalikan 1 Desember 2017,” ucap Sulton.

Ke-14 partai tersebut yakni, Partai Berkarya, PDIP, Demokrat, Gerindra, Garuda, Golkar, Hanura, PKS, PKB, Nasdem, PPP, PSI, Perindo dan partai Pan. (ian)