Camat Tebing

 “Sampah itu bukan hati, yang bisa kau campak sembarangan.. Eaaaaaa..eaaaaaaa..”

“Anak Sipot Mandi di Sawah Ini Pot Bunge, Bukan Tempat Sampah”

Kutipan kalimat bahasa gaul yang biasa diungkapkan anak muda dan pantun itu tidak biasa kita jumpai. Itu adalah salah satu media kampanye kebersihan. Bagi yang membacanya, dibuat senyum-senyum dan ketawa sendiri, termasuk Lendoot.com.

Salah satu contoh kampanye kebersihan Camat Tebing
Salah satu contoh kampanye kebersihan Camat Tebing (istimewa)

Saat Lendoot.com ke kantor Camat Tebing, pagi tadi, beberapa papan berukuran 50×30 centimeter terpampang di beberapa bagian taman dan pintu masuk kantor tersebut.

Beberapa warga yang melintas di sekitar kantor camat itu terlihat senyum-senyum sendiri dan bahkan ada yang tertawa saat membacanya.

Mereka sempat terpaku dengan papan yang didisain menarik dan tulisan-tulisan menggelitik. Itu adalah salah satu upaya Camat Tebing Kabupaten Karimun, Herisa Anugerah atau Icha panggilan akrabnya, untuk mengkampanyekan peduli kebersihan bagi warganya.

Dengan dibantu staf dan adiknya sendiri, kutipan menarik penuh makna itu diharapkannya bisa merubah perilaku masyarakat lebih peduli pada kebersihan lingkungannya.

“Ide ini muncul dari kami dan dibantu adik saya mendesain tulisan dan gambar-gambarnya. Semoga saja dengan cara yang dianggap menarik oleh warga ini bisa merubah perilaku hidup masyarakat menjadi lebih peduli kebersihan lingkugannya,” ujarnya kepada Lendoot.com.(ade)