Suasana proses pelipatan surat suara di gudang logistik KPU Kabupaten Karimun.
Suasana proses pelipatan surat suara di gudang logistik KPU Kabupaten Karimun, beberapa hari lalu.

Karimun, Lendoot.com – Sebanyak 1.765 surat suara Pemilu 2019 ditemukan rusak atau tidak dapat digunakan. Jumlah tersebut didapat setelah selesainya proses pelipatan seluruh surat suara dari lima jenis yang jumlahnya mencapai ratusan ribu, Jumat (15/3/2019).

Pelipatan surat suara  di gudang logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gedung Alpacino Jalan Pertambangan Kecamatan Tebing, juga telah selesai dilakukan hari itu juga.

Ketua KPU Kabupaten Karimun kepada wartawan, Eko Purwandoko mengatakan, atas kerusakan surat suara itu, maka KPU Kabupaten Karimun langsung berkoordinasi dengan KPU Provinsi Kepri. Ini untuk segera dilakukan penggantian sebelum pencoblosan dimulai.

“Sedang kita koordinasikan ke KPU Provinsi Kepri untuk segera diganti dan dikirim sesuai jumlah surat suara yang rusak dari berbagai jenis itu,” ucap Eko, Selasa (19/3/2019).

Rincian kerusakan surat suara Pemilu, antara lain; surat suara untuk DPR RI, dengan jumlah mencapai 1.081 lembar, DPRD Provinsi Kepri 347, DPRD Kabupaten Karimun 192, DPD RI sebanyak 40, dan surat suara Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden 105 lembar.

“Jenis kerusakannya seperti sobek, ada bercak tinta percetakan, kusut dan buram, mengkerut dan buram,” ujarnya.

Setelah semuanya dinyatakan lengkap dan tidak ada masalah, nanti tinggal menunggu waktu pendistribusian logistik, ke 780 Tempat Pemungutan Suara (TPS), yang rencananya akan mulai dilakukan pada awal April mendatang. (trirahadi)